Pertanyaan & Jawaban Wawancara Kerja #1: Tolong Ceritakan Tentang Diri Anda


Tell me about yourself...
Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan pada awal wawancara kerja atau job interview. Sebaiknya jawaban untuk pertanyaan ini tidak lebih dari dua menit. Sebab jika lebih dari dua menit, biasanya orang yang menginterview mulai bosan atau perhatiannya mulai berpindah dari Anda. Karena pertanyaan ini sering sekali keluar, sebaiknya Anda tulis jawabannya di kertas agar lebih mudah mengingatnya. Di bawah ini ada beberapa contoh jawaban dari situasi pelamar kerja yang berbeda.


Jika Anda akan masuk kembali ke bursa kerja, setelah tidak kerja beberapa lama. Jawaban yang bisa Anda berikan:
  • Saya memiliki pengalaman baik dalam sektor non-profit maupun bisnis, terutama yang bersifat mengimplementasikan proyek. Meski beberapa tahun ini saya menjadi pegawai tidak tetap, karena ada urusan personal yang harus saya tangani, namun selama itu saya sering terlibat dalam proyek-proyek berbasis komunitas. Pengalaman di sektor non-profit ini telah meningkatkan skill bisnis saya, dan pasti menjadikan saya karyawan yang lebih efektif.
  • I have experiences in both the non-profit and business sectors, primarily on project implementation While away from salaried positions the past few years to give attention to personal matters, I have frequently been involved in community-based projects that enhanced my business skills and will make me more effective as an employee in the business sector.

Jika Anda ingin pindah kerja – karir tidak berubah, dan bukan dalam rangka masuk kembali ke bursa kerja, jawaban yang bisa Anda berikan:

  • Setelah bekerja di ... [sebutkan nama perusahaan/organisasi] sebagai …. [sebutkan posisi] dan terus menaiki tangga karir di sana, saya menerima tawaran kerja dari ... [sebutkan nama perusahaan/organisasi] untuk bekerja di divisi ... [sebutkan divisinya]. Sekarang saya ingin bekerja di tempat Anda karena mereka telah memutuskan untuk pindah dari [sebutkan nama kota].
  • After starting a career with ... [sebutkan nama perusahaan/organisasi] as a ... [sebutkan posisi] and rising up the career ladder there, I accepted an offer from ... [sebutkan nama perusahaan/organisasi] to work in their ... division [sebutkan divisinya]. I am now looking for a position with you because of their decision to leave [sebutkan nama kota].

Jika Anda ingin perubahan karir, jawaban yang bisa Anda berikan:

  • Setelah lulus dari Universitas ABC dari jurusan ... [sebutkan bidang studi Anda], saya menerima tawaran kerja dari PT. XYZ untuk bekerja pada divisi [sebutkan divisinya]. Setelah lima tahun bekerja di sana dengan tanggung jawab yang semakin besar untuk menangani berbagai proyek, saya direkrut PT. DEF untuk menangani divisi baru mereka dengan spesialisasi pada [sebutkan]. Sekarang saya berada di sini karena, mungkin seperti yang sudah Anda ketahui, mereka telah membatalkan komitmennya di wilayah ini danmenghentikan kegiatan tersebut.
  • After graduating from ABC University with .... [sebutkan jurusan bidang studi Anda] degree, I accepted a position with XYZ Company to work for their ... division [sebutkan divisinya]. After five years of increased responsibility on a variety of projects, I was recruited for DEF Company to be part of their new division specializing in ..... [sebutkan] Now I am here because, as you may know, they have reconsidered their commitment to this area and have shut down that activity.
Teruslah berlatih sampai Anda nyaman dengan jawaban Anda yang hanya memakan waktu dua menit. Dalam interview, setelah Anda memberi jawaban tersebut, sebaiknya Anda diam sambil menunggu jawaban dari penanya.

2 comments:

  1. TQ gan tipsnya, kalau ada yang kesulitan untuk lulus kerja silahkan mempelajari Contoh soal psikotest dan soal psikologi lengkap, atau yang ingin buat blog gratis ayo belajar membuat blog/website sendiri, dan Cara membuat obat herbal alami

    ReplyDelete
  2. Infonya sip banget gan, blogwalking lagi nie.. salam kenal dari blog Cara Test IQ | cara mengetahui tingkatan IQ manusia

    ReplyDelete